ANALISIS PELINDUNGAN HUKUM CALON PEKERJA MIGRAN WANITA INDONESIA DALAM PERJANJIAN PENEMPATAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi PT Genta Gumi Selapawis Cabang Selong)

Baiq, Auliya Wulandari (2021) ANALISIS PELINDUNGAN HUKUM CALON PEKERJA MIGRAN WANITA INDONESIA DALAM PERJANJIAN PENEMPATAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi PT Genta Gumi Selapawis Cabang Selong). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Tujuan penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui pelindungan hukum pekerja migran wanita Indonesia dalam perjanjian penempatan kerja dan mengetahui factor yang mempengaruhi pelaksaan pelindungan hukum dalam perjanjian penempatan kerja di PT Genta Gumi Selapawis.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dan empiris, yang pada dasarnya merupakan penggabungan antara pendekatan hukum normatif dengan adanya penambahan berbagai unsur empiris.PT Genta Gumi Selapawis dalam melindungi para Pekerja Migran Wanita Indonesia yang tertuang dalam perjanjian penempatan kerja berupa pelindungan sebelum bekerja, saat bekerja, dan sesudah bekerja.Hambatan yang dihadapi pada masa pandemi ini diantaranya CPMI gagal berangkat, perpanjangan masa karantina, dan pemotongan gaji lebih banyak. Kesimpulan dalam skripsi ini adalah bahwa pelindungan hukum dalam perjanjian kerja bagi Calon Pekerja Migran Wanita Indonesia di PT Genta Gumi Selapawis pada masa pandemi sudah sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam Undang-undang No.18 Tahun 2017. Faktor penghambat yang dihadapi PT Genta Gumi Selapawis adalah pada negara tujuan penempatan dimana ketika CPMI wanita sudah direkrut, negara tujuan tutup atau belum menerima pekerja migran karena angka kematian Covid di negara tersebut tinggi. Hal ini mengakibatkan banyaknya CPMI Wanita yang gagal berangkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pelindungan, Pekerja migran, Perjanjian kerja, Covid-19.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:40
Last Modified: 12 Nov 2021 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25851

Actions (login required)

View Item View Item