NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PELAKSANAAN TRADISI RAJU (Studi Pada Masyarakat Di Desa Mbawa Kecamatan Donggo Kabupaten Bima)

SRI, WAHYUNINGSIH (2021) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PELAKSANAAN TRADISI RAJU (Studi Pada Masyarakat Di Desa Mbawa Kecamatan Donggo Kabupaten Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNINGSIH_E1B117063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pelaksanaan tradisi raju dalam mewujudkan nilai-nilai moderasi beragama serta Untuk mengetahui apa saja nilai- nilai moderasi beragama yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi raju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek dan informan penelitian ini ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif melalui teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sehingga, temuan dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan tradisi raju dalam mewujudkan nilai-nilai moderasi beragama meliputi: melakukan ritual berdoa, membentuk kelompok berburu dan pembagian hasil buruan. Nilai-nilai moderasi beragama pada pelaksanaan tradisi raju yaitu nilai keadilan pada pelaksanaan tradisi raju yakni pembagian hasil buruan, nilai keseimbangan pada pelaksanaan tradisi raju yakni pada pembentukan kelompok berburu sedangkan nilai toleransi pada pelaksanaan tradisi raju yakni melakukan ritual berdoa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Nilai-Nilai Moderasi beragama, Tradisi Raju.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:38
Last Modified: 12 Nov 2021 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25864

Actions (login required)

View Item View Item