PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

ROBIATUL, ZAMNIANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Robiatul Zamniani_Revisi 5 jyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengembangan media komik dan mengetahui kelayakan media komik sebagai sumber belajar PPKn siswa sekolah menegah pertama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974). Hasil penelitian ini berupa gambaran pengembangan media komik sebagai sumber belajar PPKn yaitu tiga dari empat langkah pengembangan model 4D oleh Thiagarajan antaranya define, design, dan development. Sedangkan kelayakan komik dilihat dengan skor penilaian terhadap tiga indikator dalam penelitian ini yaitu indikator materi yang dilakukan oleh ahli materi, aspek media yang diuji oleh ahli media, dan aspek kepraktisan media dengan melakukan uji respons siswa secara terbatas yaitu 10 rang siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wanasaba. Aspek materi terdiri dari beberapa indikator antaranya kesesuaian isi dengan SK dan KD, kesesuaian konsep materi, serta muatan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek media terdapat empat indikator antaranya struktur komik, desain sampul, Kebahasaan, tampilan, dan kualitas isi. Sedangkan aspek kepraktisan memiliki beberapa indikator juga antaranya materi, bahasa, penyajian, tampilan, dan desain. Adapun hasil masing-masing uji ahli dan uji respons siswa sebagai berikut untuk uji ahli materi skor akhir 86,11% dengan kategori sangat layak. Uji ahli media dengan skor akhir 93,75% dengan kategori sangat layak. Sedangkan uji respons siswa dengan skor persentase rata-rata 92, 66% kategori sangat layak. Karena hasil penilaian masing-masing indikator dalam komik edukatif PPKn baik materi, media, maupun kepraktisan memperoleh skor persentase rentang 81%≤ x ≥ 100% kategori sangat layak, maka dapat disimpulkan bahwa media komik edukatif PPKn sangat layak digunakan sebagai sumber belajar PPKn siswa sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan, Media komik, Pembelajaran PPK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:39
Last Modified: 12 Nov 2021 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item View Item