AFIKS DERIVASIONAL DAN INFLEKSIONAL BAHASA SASAK DUSUN SENJAJAK KECAMATAN GANGGA LOMBOK UTARA: KAJIAN MORFOLOGI STRUKTURAL

Sriska, Handayani (2021) AFIKS DERIVASIONAL DAN INFLEKSIONAL BAHASA SASAK DUSUN SENJAJAK KECAMATAN GANGGA LOMBOK UTARA: KAJIAN MORFOLOGI STRUKTURAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Sriska Handayani_E1C117073_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana bentuk dan makna afiks derivasional dan infleksional BSDSKLU. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan makna afiks derivasional dan infleksional BSDSKLU. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak, metode cakap, dan metode introspeksi. Analisis data dilakukan menggunakan metode agih, dan metode padan Intralingual. Selanjutnya dalam metode penyajian data digunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian ini ditemukan 9 afiks yaitu: 4 prefiks yaitu {bǝ-}, {ŋ-}, {pǝ-}, dan {tǝ}, 1 sufiks yaitu {-an}, 1 simulfiks yaitu {{tǝ-+{-an}}, dan 3 konfiks yaitu {{kǝ- +{-an}}, {{bǝ-+{-an}}, dan {{tǝ-+{-an}}. Makna afiks derivasional dan infleksional yaitu; prefiks {bǝ-} maknanya menggunakan atau memakai, melakukan atau mengerjakan, mempunyai atau memiliki, prefiks {ŋ-} maknanya melakukan atau mengerjakan, memperoleh atau menghasilkan, prefiks {pǝ-} maknanya melakukan atau mengerjakan, menggunakan atau memakai, prefiks {tǝ- } maknanya berada pada keadaan, sufiks {-an} maknanya menggunakan atau memakai, melakukan atau mengerjakan, simulfiks {{tǝ-+{-an}} maknanya melakukan atau mengerjakan, mengendarai dan menumpangi, konfiks {{tǝ-+{- an}} maknanya melakukan atau mengerjakan, konfiks {{bǝ-+{-an]}} maknanya kejadian, berada pada keadaan, konfiks {{kǝ-+{-an}} maknanya memperoleh atau menghasilkan, berlebihan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Afiks Derivasional dan Infleksional, Bentuk Afiks, dan Makna Afiks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2021 08:13
Last Modified: 13 Nov 2021 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item