KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI

VERAWATI, NINGSIH (2021) KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Verawati Ningsih E1C117080_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran daring dan hasil pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi dengan harapan penelitian ini bisa menjadi bahan evaluasi oleh satuan pendidikan dalam pelaksanaan pembelajara daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan analisis data secara statistik deskriptif dengan pendekatan skala likert oleh Sugiyono (2017:323). Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring dari penilaian kuesioner yang disebarkan melalui Google Form secara keseluruhan siswa kelas VIII D sebanyak 25 orang memperoleh skor 61-80 dengan total nilai akhir 77,46 berkategori baik sesuai dengan acuan patokan persetase keterlaksanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh Eko Putro Widoyoko (2009:242). Sementara itu, pada nilai akhir hasil belajar daring mata pelajaran bahasa Indonesia siswa memperoleh nilai rata-rata 81,52 dengan mengambil 3 bentuk sampel yang masing-masing sampel terdapat dua siswa nilai tertinggi, sedang dan rendah dengan perolehan nilai, dua siswa pada nilai tertinggi memperoleh 96 dan 90 dengan kategori sangat baik, siswa pada nilai sedang 85 dan 80 dengan kategori baik, dan siswa pada nilai rendah 78 dan 76 dengan kategori cukup baik pada penugasan teks eksposisi sedangkan pada penugasan teks slogan dua siswa nilai tertinggi memperoleh nilai 91 dan 90, dua siswa nilai sedang 84 dan 80, dan dua siswa nilai rendah 76 dan 78. Oleh karena itu, peneliti dalam penelitian yang berjudul Keterlaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 2 Labuapi menyimpulkan bahwa adanya keterlaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keterlaksanaan, Pembelajaran daring, Mata pelajaran bahasa Indonesia, Siswa kelas VIII D SMPN 2 Labuapi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2021 08:13
Last Modified: 13 Nov 2021 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25891

Actions (login required)

View Item View Item