PENGARUH LAMA PERENDAMAN DENGAN MENGGUNAKAN SARI JAHE TERHADAP KUALITAS FISIK DAN SIFAT ORGANOLEPTIK PADA DAGING ITIK AFKIR

ISMAIL, HIDAYAH (2021) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DENGAN MENGGUNAKAN SARI JAHE TERHADAP KUALITAS FISIK DAN SIFAT ORGANOLEPTIK PADA DAGING ITIK AFKIR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX ISMAEL BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Daging itik merupakan salah satu jenis daging sumber protein yang cukup populer di Indonesia. Namun, setelah menjadi daging itik afkir, kualitas daging dan minat beli konsumen mengalami kemunduran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman daging itik afkir terhadap sifat fisik dan organoleptik daging itik afkir. Analisa sifat fisik meliputi pH, susut masak, daya ikat air dan daya putus; sedangkan analisa organoleptik mencakup warna, aroma, rasa, tekstur dan keseluruhan. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan analisis varian dengan uji lanjut uji jarak ganda Duncan Multiple Range Test (DMRT). Berdasarkan hasil penelitian, perendaman daging itik afkir dengan waktu berbeda 10, 20 dan 30 menit memberikan hasil signifikan pada pH dan daya putus sedangkan pada susut masak, daya ikat air dan sifat organoleptik tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata.Perendaman selama 30 menit menunjukkan hasil terendah pada pH dan daya putus, yaitu 5,57 dan 0,47 gram. Hasil secara keseluruhan menunjukkan bahwa perendaman menggunakan sari jahe dengan lama perendaman 30 menit menunjukkan hasil yang paling optimum dibandingkan dengan waktu perendaman 10 dan 20 menit terutama pada sifat fisik. Namun, pada uji organoleptik, dibutuhkan lama perendaman yang lebih lama agar sari jahe lebih mampu bekerja secara optimum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : diging itik afkir, sifat fisik , sifat organoleptik, sari jahe, perendaman
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2021 08:13
Last Modified: 13 Nov 2021 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25892

Actions (login required)

View Item View Item