HUBUNGAN KEBIJAKAN PANDEMI COVID-19 TERHADAP FAKTOR PERNIKAHAN USIA REMAJA DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Nurwaningsih, Nurwaningsih (2021) HUBUNGAN KEBIJAKAN PANDEMI COVID-19 TERHADAP FAKTOR PERNIKAHAN USIA REMAJA DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Nurwaningsih (L1C017068).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebijakan pandemi covid-19 terhadap faktor pernikahan usia remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebijakan pandemi covid-19 terhadap faktor pernikahan usia remaja dengan tingkat realibilitas sebesar 8,11%. Kebijakan di masa pandemi covid-19 memunculkan adanya fungsi manifes atau fungsi yang diharapkan yakni memunculkan adanya kesadaran akan hidup sehat dan bersih serta menjalankan pola hidup sehat dengan cara mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. Namun di sisi lain, terdapat fungsi laten atau fungsi yang tidak diharapkan dari adanya kebijakan di masa pandemi covid-19 yakni menjadi salah satu faktor pernikahan usia remaja di mana kebijakan terkait pembatasan sosial dan pembelajaran jaringan (online), sosial ekonomi, budaya dan lingkungan menjadi faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan pernikahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kebijakan Pemerintah, Pandemi covid-19, Pernikahan Usia Remaja
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2021 08:14
Last Modified: 13 Nov 2021 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item