PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 SEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ZULIYANI, ZAINI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 SEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran pada masa pandemi masih kurang efektif, dikarenakan baik itu guru maupun siswa merasa kaget akan perubahan yang begitu cepat dan secara tiba-tiba yang mengharuskan para pendidik khususnya harus belajar hal-hal baru untuk mendukung terlaksnanya pembelajaran yang terbatas karena pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Sembung tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Sembung tahun ajaran 2020/2021. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas V A (kelas eksperimen) dan kelas V B (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh hasil belajar matematika adalah soal pilihan ganda. Analisis statistik data dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk nilai rata-rata perolehan pre-test dan post-test kelas eksperimen berturut-turut adalah 55,00 dan 71,00, sedangkan rata-rata perolehan pre-test dan post-test kelas kontrol berturut-turut adalah 62,14 dan 63,57. Analisis statistik hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,100 > 1,675). Hasil analisis statistik tersebut berarti hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada kelas kontrol. Pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dikarenakan pembelajaran daring itu dirasakan lebih efektif untuk diterapkan pada masa pandemi dimana prosespembelajaran tatap muka sangat diminimalisir. Melalui pembelajaran daring, guru akan lebih mudah dalam membangun komunikasi dan diskusi dengan siswa maupun orang tua siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Sembung tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pembelajaran daring, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2021 08:14
Last Modified: 13 Nov 2021 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25898

Actions (login required)

View Item View Item