ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS 5 SDN 9 AMPENAN DALAM MENGEMBANGKAN IDE POKOK PARAGRAF DEDUKTIF

Anita, Sapitri (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS 5 SDN 9 AMPENAN DALAM MENGEMBANGKAN IDE POKOK PARAGRAF DEDUKTIF. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi ANITA SAPITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan siswa kelas V SDN 09 Ampenan dalam mengembangkan ide pokok paragraf deduktif dari segi kesesuaian paragraf, kepaduan paragraf, ketepatan ejaan dan tanda baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh hasil kerja siswa kelas V SDN 9 Ampenan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 10 lembar hasil kerja siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 9 Ampenan pada aspek kesesuaian paragraf berada dalam kategori baik, pada aspek kepaduan paragraf berada dalam kategori sedang, pada aspek ketepatan ejaan berada dalam kategori sedang, dan pada aspek tanda baca berada dalam kategori kurang. Umumnya siswa sudah dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf, meskipun demikian, masih ditemukan kesalahan dalam menulis paragraf yang baik, seperti tidak mengindahkan tanda baca, jenis huruf kapital masih digunakan di sembarang tempat, pemilihan kata yang kurang tepat dan bentuk paragraf tidak sesuai standar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan siswa, ide pokok, paragraf deduktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2021 08:14
Last Modified: 13 Nov 2021 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25904

Actions (login required)

View Item View Item