ANALISIS YURIDIS TENTANG PUTUSAN HAKIM DALAM PEMBATALAN HIBAH (Studi Kasus Pengadilan Agama Giri Menang Nomor: 539/pdt.G/2019/PA.GM)

LALU, MOH. FAIZUL RIFQI (2021) ANALISIS YURIDIS TENTANG PUTUSAN HAKIM DALAM PEMBATALAN HIBAH (Studi Kasus Pengadilan Agama Giri Menang Nomor: 539/pdt.G/2019/PA.GM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SEMINAR TERTUTUP RIFQI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui ketentuan pembatalan hibah menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Hukum Islam dan juga mengetahui bagaimana dasar pertimbangan Hakim dalam memutus perkara pembatalan hibah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan tiga macam metode pendekatan, yaitu Pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), Pendekatan konseptual (Conceptual Approach) dan Pendekatan kasus (Case approach). Hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan yakni pada putusan Pengadilan Agama Giri Menang Nomor 539/pdt.G/2019/PA.GM tentang pembatalan hibah ini telah ditemukan fakta hukum bahwa objek sengketa tanah hibah tersebut adalah merupakan harta Bersama yang diperoleh dari Penggugat secara mutlak karena telah dibuktikan saat persidangan berlangsung. Sehingga Majelis hakim dalam amarnya menyatakan mengabulkan gugatan Penggugat sebagian, termasuk membatalkan hibah dari Penggugat terhadap Tergugat dengan beberapa dasar pertimbangan yakni pasal 210 ayat (1) pasal 212 dan Pasal 213 Kompilasi Hukum Islam (KHI). Pertama, hadist Rasulullah yaitu “orang tua boleh menarik kembali harta yang dihibahkannya”, juga terdapat didalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 212, “Hibah tidak dapat ditarik kembali, kecuali hibah orang tua kepada anaknya.” Kedua, hibah dapat dibatalkan Sebagian yang melebihi dari 1/3 (sepertiga) harta ahli waris. ketiga, bahwa penarikan atau pembatalan hibah dari orang tua kepada anaknya dikarenakan sang anak dirasa telah melakukan kesalahan (menyakiti dan melukai perasaan dan tidak sopan kepada orang tuanya), dan hal inilah yang mengakibatkan hibah itu bisa ditarik kembali atau dibatalkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Hibah, Pembatalan hibah, Kompilasi Hukum Islam
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:04
Last Modified: 15 Nov 2021 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25910

Actions (login required)

View Item View Item