KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 5 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021

TRI, MULIYATUNNISYAH (2021) KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 5 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRI MULIYATUNNISYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini ada tiga poin (1)Bagaimanakah kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dilihat dari segi isi (2) Bagaimanakah kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dari segi struktur.(3)Bagaimanakah kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dari segi kebahasaan. (4)Bagaimanakah kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dari segi penulisan (ejaan). Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dilihat dari segi isi. (2) Mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dari segi struktur. (3) Mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dari segi kebahasaan. (4) Mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fabel siswa kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima dari segi penulisan (ejaan). Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dengan data Deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa teknik teks dan studi documenter pada teknik analisi data menggunakan analisis kuantitatif (mengukur kemampuan memproduksi teks fabel) dan kualitatif (memperkuat data analisis kuantitatf). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bima dengan memperoleh sampe penelitian menggunakan teknik (sampling pruposive) kelas VII a yang terdiri dari 31 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah skor tertinggi 15 dan skor terendah sebesar 4, total semua skor siswa sebanyak 285 dengan pencapaian keseluruhan skor rata-rata 57,45, nilai tertinggi 93,75 dengan kategori sangat baik, dan nilai terendah 25 dengan kategori kurang. Pada aspek isi siswa mampu membuat (menulis kembali) Teks Fabel yang isinya sesui dengan judul lengkap dan jelas. Pada aspek struktur teks fabel, siswa lebih banyak menggunakan 4 struktur yaitu (orientasi, komplikasi, resolusi, koda). Aspek kebahasaan teks fabel siswa lebih banyak menggunakan 1 unsur kebahasaan (keterangan tempat dan waktu). Aspek melkanisme penulisan (ejaan) sebagian besar penggunaan atau penulisan ejaan salah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan, Memproduksi, Teks Fabel, Siswa Kelas VII a SMP Negeri 5 Kota Bima.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:05
Last Modified: 15 Nov 2021 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25929

Actions (login required)

View Item View Item