PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 3 TANJUNG

HAEBA, SUHILDA (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 3 TANJUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Suhilda Haeba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA, (2) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA, (3) Interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (4) Interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, dan (5) Perbedaan model pembelajaran berbasis maslah dengan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah faktorial beracak. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelasVIII pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh dua kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan bantuan program Mikrosoft Excel 2007 dan aplikasi software terkait dengan ANKOVA. Perhitungan data menggunakan uji analisis kovarian dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA, (3) terdapat interaksi anatara model pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (4) terdapat interaksi model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA, (5) terdapat perbedaan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar IPA, dan motivasi belajar.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:34
Last Modified: 17 Apr 2018 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item View Item