PERAN INTELIJEN KEJAKSAAN DALAM MENGUNGKAP DUGAAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG (STUDI DI KEJAKSAAN TINGGI NUSA TENGGARA BARAT)

ADE, SATHYA SANATHANA ISHWARA (2021) PERAN INTELIJEN KEJAKSAAN DALAM MENGUNGKAP DUGAAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG (STUDI DI KEJAKSAAN TINGGI NUSA TENGGARA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL ADE D1A017003 - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dan hambatan Intelijen Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat dalam mengungkap dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang. Penelitian ini menggunakan penelitian Hukum Empiris. Pada tahap penyelidikan, peran yang dilakukan yaitu berupa kegiatan intelijen untuk melakukan telaahan kemudian melakukan operasi intelijen untuk melakukan pengumpulan bahan keterangan atau data yang selanjutnya akan diolah untuk dapat ditindaklanjuti. Pada tahap penyidikan, intelijen atas permintaan Jaksa Penyidik melakukan kegiatan berupa pengumpulan data terhadap asset kekayaan tersangka. Pada tahap penuntutan, intelijen atas permintaan Jaksa Penuntut Umum dapat melakukan pengamanan dan penggalangan dalam sidang penuntutan perkara di pengadilan. Hambatan-hambatan Intelijen Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat dalam mengungkap dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang diantaranya berupa hambatan teknis adanya dokumen yang dihilangkan pelaku, terbatasnya informasi pada saat melakukan pengumpulan data mengenai asset kekayaan tersangka. Hambatan non-teknis adanya intimidasi dari pihak yang tidak ingin kejahatannya terbongkar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Intelijen, Kejaksaan, Pencucian Uang.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:05
Last Modified: 15 Nov 2021 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25946

Actions (login required)

View Item View Item