PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DARI KEGIATAN INVESTASI ILEGAL (STUDI PRAKTIK INVESTASI DAPOER EMAK CACA) MENURUT HUKUM POSITIF DI INDONESIA

KADEK, RIKA YUNITA (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DARI KEGIATAN INVESTASI ILEGAL (STUDI PRAKTIK INVESTASI DAPOER EMAK CACA) MENURUT HUKUM POSITIF DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI KADEK RIKA YUNITA (D1A117218).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bentuk perlindungan hukum terhadap masyarakat dari kegiatan investasi dalam kasus investasi Dapoer Emak Caca yang terjadi di Mataran NTB dan untuk mengkaji peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menanggulangi kegiatan investasi ilegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang – undangan dan pendekatan konseptual. Bentuk perlindungan hukum terhadap masyarakat dalam kegiatan investasi Dapoer Emak Caca masih lemah terbukti dari masih banyaknya kegitan investasi ilegal yang terjadi, perlindungan hukum terhadap investasi ilegal belum ada sehingga menimbulkan ketidakpastian dan kurangnya jaminan hukum terhadap masyarakat yang menimbulkan kerugian bagi korban investasi ilegal. Peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menanggulangi kegiatan investasi ilegal adalah dengan cara melakukan pengawasan, baik dengan pengawasan langsung maupun pengawasan tidak langsung. Hal ini bertujuan agar kegiatan investasi berjalan sesuai ketentuan yang berlaku dan tidak ada lagi pihak yang dirugikan dari kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Investasi, Masyarakat, Hukum Positif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:06
Last Modified: 15 Nov 2021 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25954

Actions (login required)

View Item View Item