REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS 5 DI SDN 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

Diaz, Aulia Syafitri (2021) REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS 5 DI SDN 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAZ AULIA SYAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran mengenai regulasi diri siswa berprestas kelas 5 di SDN 9 Mataram. Kemampuan regulasi diri tersebut terdiri atas faktor-faktor kemampuan regulasi diri, dimensi kemampuan regulasi diri, dan aspek-aspek kemampuan regulasi diri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Milles dan Huberman yaitu, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan regulasi diri dalam siswa berprestasi kelas 5 di SDN 9 Mataram bahwa kebiasaan belajar siswa berprestasi yaitu sudah mampu menetapkan tujuan belajarnya, membuat jadwal belajar dirumah, siswa bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam belajar, dan mencari tutorial di youtube ketika tidak ada yang membantu dirumah. Setelah belajar siswa mengulang materi yang telah dipelari lalu membuat ringkasan kecil dari hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kemampuan Regulasi Diri, Siswa Berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:06
Last Modified: 15 Nov 2021 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25963

Actions (login required)

View Item View Item