PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH MELALUI PENJUALAN DI BAWAH TANGAN ATAS JAMINAN FIDUSIA (Studi di PT. Pegadaian Cabang Karang Jasi Mataram)

IDA, WAYAN ADI PRATAMA WIJAYA (2021) PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH MELALUI PENJUALAN DI BAWAH TANGAN ATAS JAMINAN FIDUSIA (Studi di PT. Pegadaian Cabang Karang Jasi Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IDA WAYAN REVISI (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian perjanjian kredit bermasalah melalui penjualan di bawah tangan atas jaminan fidusia di PT. Pegadaian CabangKarang Jasi Mataram dan hambatan- hambatanya. Penelitian ini menggunakan penelitian normatif empiris. Penyelesaian perjanjian kredit bermasalah melalui penjualan di bawah tangan atas jaminan fidusia di PT. Pegadaian Cabang Karang Jasi Mataram terlebih dahulu dilakukan dengan upaya-upaya persuasif, yaitu debitor diminta untuk menyelesaikan hutangnya atau kalau tidak mampu menjalankan kredit, akan diminta menyerahkan agunan kredit untuk dijual oleh PT. Pegadaian. Sebelum pengambilan barang jaminan fidusia, PT. Pegadaian akan memberikan somasi (peringatan) sebanyak 3 (tiga) kali dalam jangka waktu 21 (dua puluh satu) hari. Setelah itu, jika somasi tidak berhasil maka PT. Pegadaian akan melakukan penarikan/penyitaan terhadap barang jaminan fidusia untuk selanjutnya dilakukan penjualan di bawah tangan oleh PT. Pegadaian. Hambatan-hambatan yang muncul, antara lain : adanya keberatan debitor terhadap eksekusi jaminan fidusia seringkali ditemui kendala perlawanan dari debitor yang keberatan obyek jaminan fidusianya ditarik. Alasan-alasan yang dikemukakan oleh debitor antara lain, debitor menganggap bahwa PT. Pegadaian terlalu cepat mengambil tindakan eksekusi tanpa memberikan kesempatan kepada debitor untuk melunasi tunggakannya dan adanya keberatan debitor terhadap harga jual jaminan fidusia. Permasalahan ini dijumpai oleh PT. Pegadaian pada saat akan melakukan penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Eksekusi, Jaminan Fidusia, PT. Pegadaian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:06
Last Modified: 15 Nov 2021 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25970

Actions (login required)

View Item View Item