PERAN ORGANISASI KERJASAMA ISLAM DALAM MEMPERJUANGKAN HAK ASASI MANUSIA ETNIS ROHINGYA DI MYANMAR

SOFIANI, SOFIANI (2021) PERAN ORGANISASI KERJASAMA ISLAM DALAM MEMPERJUANGKAN HAK ASASI MANUSIA ETNIS ROHINGYA DI MYANMAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SOFIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang sejauh mana peran organisasi Kerjasama islam dalam memperjuangkan HAM etnis Rohingya di Myanmar. Keterlibatan OKI dilatarabelakangi oleh alasan kemanusiaan dan religiusitas yang sama yaitu islam dimana etnis Rohingya merupakan pemeluk islam Sunni. Lebih jauh, peran-peran OKI dimulai dari mencari dukungan internasional dengan membawa kasus ini dalam sidang atau pertemuan internasional, mengirim tim pencari fakta ke Cox‟s Bazar, Mengadakan konferensi Tingkat Tinggi dan Tingkat Menteri, Menginisiasi pemulangan atau repatriasi pengungsi Rohingya dari Bangladesh, dan memberikan bantuan kemanusiaan. Penelitian ini bukan mengukur apakah OKI berhasil atau tidak dalam perannya tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep seperti OKI, IGO, dan HAM. Metode atau tekhnik penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan model induksi dan pengumpulan data dengan data-data sekunder dimana informasi, fakta, atau laporan terkait kasus HAM dan peran OKI ditemukan dari buku, jurnal, laporan, laman resmi OKI dan sumber-sumber terkait yang memiliki keterikatan khusus baik baik variable pertama yaitu peran OKI maupun variable kedua yaitu HAM etnis Rohingya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran OKI dalam kasus HAM etnis Rohingya dan bentuk-bentuk pelaggaran HAM terhadap etnis rohingya
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:50
Last Modified: 16 Nov 2021 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item View Item