BELAS MERARIK (SUATU PERBANDINGAN MENURUT UNDANG- UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN DENGAN HUKUM ADAT SASAK) (Studi di Kabupaten Lombok Timur Kecamatan Sakra Barat)

Mimi, Zulfalinda (2021) BELAS MERARIK (SUATU PERBANDINGAN MENURUT UNDANG- UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN DENGAN HUKUM ADAT SASAK) (Studi di Kabupaten Lombok Timur Kecamatan Sakra Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIMI ZULFALINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan dilakukannya pencegahan perkawinan serta persamaan dan perbedaan pencegahan perkawinan berdasarkan undang-undang perkawinan dan hukum adat Sasak. Jenis penelitian yang digunakan adalah normatif empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan dilakukan pencegahan perkawinan dalam hukum adat Sasak karena faktor usia, ekononmi, persetujuan orangtua, beda agama, stratifikasi sosial, ramalan jodoh, karir wanita. Sedangkan undang-undang perkawinan, pencegahan perkawinan dilakukan karena ada pihak yang tidak memenuhi syarat perkawinan, salah satunya adalah usia. Persamaan dari undang-undang perkawinan dengan hukum adat Sasak yaitu dari faktor usia. Sedangkan perbedaan pencegahan perkawinan menurut undang-undang dengan hukum adat Sasak yaitu dari faktor selain usia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pencegahan Perkawinan, Undang-Undang Perkawinan, Hukum Adat Sasak
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Nov 2021 09:12
Last Modified: 16 Nov 2021 09:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26007

Actions (login required)

View Item View Item