MEKANISME PEMASARAN SAPI DAN PENDAPATAN BLANTIK ( PEDAGANG PERANTARA ) DI PASAR HEWAN SELAGALAS KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

Mailia, Tri Ulandari (2021) MEKANISME PEMASARAN SAPI DAN PENDAPATAN BLANTIK ( PEDAGANG PERANTARA ) DI PASAR HEWAN SELAGALAS KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pemasaran Sapi di Pasar Hewan Selagalas, Kecamatan Sandubaya Kota Mataram dan mengetahui pendapatan blantik/pedagang perantara Sapi di Pasar Hewan Selagalas, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni - Juli 2021. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survey kepada responden yang merupakan blantik/pedagang perantara dengan menggunakan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan daftar pertanyaan. Analisis data meliputi mekanisme pemasaran sapi dan pendapatan blantik/pedagang perantara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Pasar Hewan Selagalas dapat dikatakan bahwa mekanisme pemasarannya sudah baik/bagus, dikarenakan para lembaga pemasaran sudah memenuhi struktur pasar serta proses pemasaran yang berlaku. Pendapatan blantik di Pasar Hewan Selagalas yang sangat menguntungkan terdapat pada saluran pemasaran II yaitu sebesar Rp. 713.000/ekor sapi dikarenakan pada saluran ini harga beli Sapi dari peternak lebih murah dan pendapatan blantik terendah terdapat pada saluran pemasaran IV yaitu pada blantik 2 pasar sebesar Rp.125.000/ekor Sapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Mekanisme Pemasaran Sapi dan Pendapatan blantik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Nov 2021 09:12
Last Modified: 16 Nov 2021 09:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26011

Actions (login required)

View Item View Item