HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 26 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

Sahrulia, Maulida (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 26 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN 26 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V diperoleh informasi bahwa motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh faktor dari dalam (internal) dan faktor dari luar (eksternal) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD SDN 26 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode Korelasi Product Moment yaitu penelitian yang digunakan untuk mecari hubungan dari suatu variabel yang akan diteliti. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 Dalam penelitian ini peneliti mengambil 70 siswa kelas V sebagai responden dari keseluruhan populasi di SDN 26 Cakranegara. Berdasarkan hasil analisis hipotesis dengan menggunakan Korelasi Product Moment, diperoleh hasil rhitung > rtabel (0,994 > 0,231). Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Pada mata pelajaran matematika di SDN 26 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pretasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Nov 2021 09:12
Last Modified: 16 Nov 2021 09:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26012

Actions (login required)

View Item View Item