PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBENTUK GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LAJU REAKSI

NURUL, FITRIANI (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBENTUK GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nurul Fitriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan keefektifan LKPD berbentuk Google Form untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi laju reaksi. Desain yang digunakan adalah model 4D. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Gunung Sari, sedangkan sampel uji coba terbatas terkait produk yang dikembangkan terdiri dari 29 orang peserta didik kelas XII IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas yang diperoleh menggunakan formula Aiken’s V adalah 0,86 dan reliabilitasnya sebesar 0,94 sehingga dapat dinyatakan bahwa LKPD berbentuk Google Form sangat valid untuk digunakan. Praktikalitas LKPD berbentuk Google Form dapat dilihat dari respon angket yang dibagikan kepada peserta didik dan guru kimia di SMAN 1 Gunung Sari memperoleh rata-rata sebesar 77% dan termasuk dalam kategori praktis. Keefektifan LKPD berbentuk Google Form dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh selama melakukan uji coba terbatas adalah 0,6 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa LKPD berbentuk Google Form cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pengembangan, LKPD, Google Form, berpikir kritis, laju reaksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:00
Last Modified: 17 Nov 2021 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26053

Actions (login required)

View Item View Item