ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENYIMPAN DANA PADA KOPERASI (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha “Ingin Sejahtera”)

Harti, Dara Cahyati (2021) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENYIMPAN DANA PADA KOPERASI (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha “Ingin Sejahtera”). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Harti Dara Cahyati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan terkait dengan perlindungan hukum nasabah penyimpan dana pada Koperasi KSU Ingin Sejahtera dan menjelaskan penyelesaian sengketa antara Koperasi KSU ingin sejahtera dengan nasabahnya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan terdiri atas data primer yakni wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan data kepustakaan dan data lapangan dari hasil wawancara yang dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum yang dapat dilakukan oleh Koperasi KSU Ingin Sejahtera terhadap nasabah maka perlindungan hukum yang diberikan sudah dituangkan dalam AD/ART acuan dari AD/ART yaitu Undang-undang 25 tahun 1992 dan adapun perlindungan hukum berdasarkan aturan perundang-undangan lainnya ada pada POJK No 1 tahun 2013 dan POJK No 1 tahun 2014 dan penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh Koperasi KSU Ingin Sejahtera dengan pihak nasabah penyelesaian sengketanya diselsaikan melalui internal koperasi dengan musyawarah untuk mufakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Nasabah, Koperasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:47
Last Modified: 17 Nov 2021 23:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26067

Actions (login required)

View Item View Item