EFEKTIFITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi di Desa Kambilo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima)

Ruslin, Ruslin (2021) EFEKTIFITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi di Desa Kambilo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUSLIN ACC JILID 15 NOV 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Kambilo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Kambilo dan (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Kambilo. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa narasi yang diperoleh kegiatan wawancara, serta dokumen yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) sepenuhnya efektif dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, membantu mengurangi kemiskinan dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada kelompok masyarakat miskin. Efektifitas Program Keluarga Harapan dapat dilihat dari 4 aspek yang terdiri dari (1) ketepatan sasaran, (2) sosialisasi Program (3) tujuan program, (4) Pemantauan. Sedangkan hambatannya diantaranya, Hambatan teknis dalam proses pendataan penerima program PKH, Hambatan teknis pendamping PKH, serta hambatan teknis dalam penyaluran/pendistribusian dan hambatan penggunaan dana program PKH. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan yaitu dengan adanya pemberian anjungan tunai mandiri (ATM) dan buku rekening masing-masing bagi penerima PKH untuk mempermudah KPM pada saat pencairan dana bantuan sehingga tidak merepotkan KPM pergi kekantor pos dan bank untuk penarikan uangnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Efektiftas, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:48
Last Modified: 17 Nov 2021 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26070

Actions (login required)

View Item View Item