PENGARUH PEMBERIAN ABU IMPREGNANTED PHONSKA TERHADAP KETERSEDIAAN N, PERTUMBUHAN, DAN HASIL PAKCOY (Brassica rapa L.) PADA TANAH VERTISOL

Iin, Rohmaniar Agustina (2021) PENGARUH PEMBERIAN ABU IMPREGNANTED PHONSKA TERHADAP KETERSEDIAAN N, PERTUMBUHAN, DAN HASIL PAKCOY (Brassica rapa L.) PADA TANAH VERTISOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IIN ROHMANIAR AGUSTINA (C1B017028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian PAIP terhadap N tersedia tanah, pertumbuhan dan hasil Pakcoy pada tanah Vertisol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental dengan percobaan polybag di Rumah Kaca. Percobaan ditata menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan, yaitu: P0 = tanah + ASP, dan untuk P1, P2, P3, P4, P5, ditambahkan PAIP dengan dosis Phonska yang berbeda- beda mulai dari 20% - 100% dari dosis rekomendasi, P6 = tanah + 100% Phonska, dan P7 (kontrol). Parameter yang diukur adalah tekstur, kapasitas lapang, pH, C organik, N-total, C/N rasio, N tersedia, BV, BJ, porositas, laju tinggi tanaman, laju jumlah daun, berat brangkasan basah, berat brangkasan kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemberian PAIP berpengaruh pada N tersedia tanah, berat brangksan basah, dan berat brangkasan kering tanaman dan tidak berpengaruh pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun. Berat brangkasan basah dari pemberian PAIP dengan dosis Phonska 100% (0,625g) menjadi nilai tertinggi. Sedangkan untuk berat brangkasan kering tanaman, pemberian PAIP dengan Phoska 80% (0,50 g) memberikan nilai tertinggi dan berbeda nyata dengan semua perlakuan lainnya. Pemberian PAIP mampu meningkatkan N tersedia tanah pada akhir percobaan yaitu meningkat dari 27,81 ppm pada awal percobaan menjadi 33,03 – 37,97 ppm (dengan nilai rerata 33,24 ppm). Dengan meningkatknya kadar N tanah, kebutuhan N tanaman dapat tercukupi, sehingga kualitas tanah dan hasil tanaman yang diaplikasikan PAIP lebih baik dibandingkan dengan tanah yang tidak diberikan PAIP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: PAIP, Pakcoy, N tersedia Tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:48
Last Modified: 17 Nov 2021 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26076

Actions (login required)

View Item View Item