KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA KELAS XII SMAN 2 TALIWANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI DIMENSI TIGA BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE

PERTIWI, FUJI LESTARI (2021) KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA KELAS XII SMAN 2 TALIWANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI DIMENSI TIGA BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PERTIWI FUJI LESTARI (E1R016071).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa kelas XII SMAN 2 Taliwang dalam menyelesaikan soal materi dimensi tiga berdasarkan level berpikir Van Hiele. Karakteristik kemampuan visual spasial meliputi kemampuan memahami konsep dalam berbagai dimensi (imajinasi), menemukan pola secara berurutan (pencarian pola), membangun kerangka kerja konseptual (pengonsepan), dan memiliki beragam solusi (pemecahan masalah). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi tes kategorisasi level berpikir Van Hiele, tes kemampuan visual spasial, wawancara, dan dokumentasi. Tes kategorisasi level berpikir Van Hiele yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda dilakukan secara tatap muka guna mengkategorikan siswa ke dalam level berpikir Van Hiele. Hasil tes kategorisasi level berpikir Van Hiele terdapat 23 siswa kelas XII MIA 1 yang mengisi tes dengan rincian level 0, level 1, dan level 2 secara berturut-turut adalah 9, 12, dan 2 siswa. Tiap level dipilih 2 siswa sebagai subjek penelitian untuk mengerjakan soal tes kemampuan visual spasial dan wawancara. Hasilnya adalah siswa dengan tingkat berpikir Van Hiele level 0 tidak mampu memenuhi karakteristik imajinasi, pencarian pola, pengonsepan, maupun pemecahan masalah. Siswa dengan tingkat berpikir Van Hiele level 1 memenuhi karakteristik pengimajinasian dan pencarian pola, namun tidak memenuhi karakteristik pengonsepan dan pemecahan masalah. Sedangkan siswa dengan tingkat berpikir Van Hiele level 2 memenuhi keempat karakteristik yaitu pengimajinasian, pencarian pola, pengonsepan dan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kemampuan visual spasial; level berpikir Van Hiele; dimensi tiga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:48
Last Modified: 17 Nov 2021 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26077

Actions (login required)

View Item View Item