PENERAPAN TEORI BELAJAR DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN 2021

BAIQ, KHOFIFAH KUSUMA PUTRI (2021) PENERAPAN TEORI BELAJAR DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ KHOFIFAH revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Setiap guru memiliki cara dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Namun cara menanamkan nilai agama dan moral berbeda- beda sesuai dengan jenis kualifikasi guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teori belajar dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun yang diterapkan oleh guru berdasarkan kualifikasi guru di Kecamatan Praya Lombok Tengah tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bersertifikasi S1 PGPAUD memilih teori belajar behavioristik pada kegiatan makan 66.66%, kognitivistik pada praktek ibadah 100%, penyambutan 50%, bercerita 50%, dan konstruktivistik pada bernyanyi 83.33%, bermain peran 83.33%. Guru bersertifikasi non S1 PGPAUD memilih teori belajar kognitivistik pada kegiatan makan 100%, praktek ibadah 83.33%, bernyanyi 100%, penyambutan 83.33%, bercerita 66.66%, bermain peran 83.33%. Guru non sertifikasi S1 PGPAUD memilih teori belajar behavioristik pada kegiatan makan 66.66%, bernyanyi 33.33%, kognitivistik pada praktek ibadah 100%, bernyanyi 33.33%, penyambutan 66.66%, bercerita 83.33%, bermain peran 50%, dan konstruktivistik pada bernyanyi 33.33%, bermain peran 50%. Guru non sertifikasi non S1 PGPAUD memilih teori belajar behavioristik pada kegiatan makan 66.66%, bernyanyi 33.33%, penyambutan 50%, bercerita 50%, kognitivistik pada praktek ibadah 100%, bernyanyi 33.33%, penyambutan 50%, bermain peran 50%, dan konstruktivistik pada bernyanyi 33.33%, bermain peran 50%. Jadi, guru kelompok B di Kecamatan Praya rata- rata menggunakan teori belajar behavioristik pada metode penerapan kegiatan makan. Teori belajar kognitivistik pada metode penerapan praktek ibadah, bernyanyi, penyambutan, bercerita, bermain peran. Teori belajar konstruktivistik pada metode penerapan bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Teori Belajar, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:48
Last Modified: 17 Nov 2021 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26078

Actions (login required)

View Item View Item