PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MATARAM BARAT KECAMATAN SELAPARANG TAHUN 2021

WAYAN DERA SUKERANI, Ni. (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MATARAM BARAT KECAMATAN SELAPARANG TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CETAK SKRIPSI DERA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan sekolah mengadakan pembelajaran daring yang membutuhkan peran orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk peran orang tua dalam kegiatan belajar daring anak dan bagaimana cara orang tua menerapkan bentuk-bentuk bimbingan kepada anak saat belajar daring pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Mataram Barat Kecamatan Selaparang. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah 4 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun yang mengikuti pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan tematik, yaitu teknik analisis yang mengacu pada pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring anak usia dini di masa pandemi covid-19 adalah orang tua sangat berperan dalam mendidik, memotivasi, membimbing, dan memfasilitasi kebutuhan anak. Penerapan bentuk-bentuk peran orang tua dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Mataram Barat Kecamatan Selaparang dinyatakan bahwa orang tua sudah berperan sangat baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Mataram Barat Kecamatan Selaparang tahun 2021 sudah sangat baik, orang tua sudah menjalankan perannya dalam mendidik, membimbing, membantu, mengawasi, mendampingi dan memfasilitasi kebutuhan anak di rumah. Adapun saran yang perlu orang tua terapkan yaitu orang tua diharapkan untuk lebih mengutamakan pendidikan anak dan dapat memahami kondisi anak saat belajar daring.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:49
Last Modified: 17 Nov 2021 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26079

Actions (login required)

View Item View Item