SILVIA, IKA JANUARTI (2021) PENGARUH METODE RESITASI (PENUGASAN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 KEKERI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI - (Silvia Ika Januarti).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode resitasi (penugasan) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V di SDN 2 Kekeri yang berjumlah 36 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah tehnik sampling jenuh di mana kelas VA sebagai kelas (kontrol) dan kelas VB sebagai kelas (eksperimen). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif IPA siswa. Data hasil belajar kognitif IPA siswa dianalisis menggunakan uji-t (t- test) Separated Varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 4,680 > 2,034 yang berarti terdapat pengaruh metode resitasi (penugasan) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kekeri Tahun Ajaran 2021/2022. Perbedaan sebesar 15,74 (78,29-62,55). Berdasarkan hasil perhitungan uji gain terhadap hasil belajar IPA siswa, yang ditandai dengan rata-rata <g> kelas eksperimen sebesar 0,562 kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,288 kategori rendah. Sehingga dengan demikian memperkuat kesimpulan bahwa bahwa adanya pengaruh penggunaan metode resitasi (penugasan) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kekeri Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Metode Resitasi (Penugasan), Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 23:49 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 23:49 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26083 |
Actions (login required)
View Item |