ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PERAN WANITA DALAM INDUSTRI KERAJINAN TENUN GEDOGAN DI DESA PRINGGASELA SELATAN KECAMATAN PRINGGASELA

Putri, Istikharah (2021) ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PERAN WANITA DALAM INDUSTRI KERAJINAN TENUN GEDOGAN DI DESA PRINGGASELA SELATAN KECAMATAN PRINGGASELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - Putri Istikharah (C1G117086).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pendapatan pengrajin dari usaha industri kerajinan tenun gedogan di Desa Pringgasela Selatan Kecamatan Pringgasela; 2) Untuk mengetahui kelayakan usaha industri kerajinan tenun gedogan di Desa Pringgasela Selatan Kecamatan Pringgasela; 3) Untuk mengetahui peran wanita dalam usaha industri kerajinan tenun gedogan dilihat dari alokasi waktu kerja, baik dalam kegiatan sebagai ibu rumah tangga dan sebagai pengrajin. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata pendapatan yang diperoleh pengrajin tenun gedogan di Desa Pringgasela Selatan Kecamatan Pringgasela sebesar Rp 712.315/bulan. 2) Rata-rata analisis R/C ratio untuk usaha kerajinan tenun gedogan di Desa Pringgasela Selatan Kecamatan Pringgasela sebesar 1,65 yang artinya usaha tersebut layak untuk diusahakan karena R/C ratio lebih besar dari 1 (R/C ratio>1). 3) Rata-rata curahan waktu kerja sebagai IRT sebesar 40,35 HKO/bulan (1,34 HKO/hari > 1 HKO/hari) dan peran produktif sebesar 32,48 HKO/bulan (1,004 HKO/hari >1 HKO/hari) yang artinya wanita di Desa Pringgasela Selatan telah melakukan peran ganda secara aktif yaitu peran domestik sebagai ibu rumah tangga dan peran produktif sebagai penenun, pedagang, buruh, guru dan kader posyandu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tenun Gedogan, Pendapatan, Kelayakan Usaha, Peran Wanita
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:49
Last Modified: 17 Nov 2021 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26087

Actions (login required)

View Item View Item