KOMPETENSI GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN DARING KELAS IV DI SDN 11 KECAMATAN CAKRANEGARA

Made Diany Parameswari, Ni (2021) KOMPETENSI GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN DARING KELAS IV DI SDN 11 KECAMATAN CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIANY PARAMESWARI (FIXXXXX) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran daring kelas IV di SDN 11 Kecamatan Cakranegara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengadakan variasi, sebab saat ini banyak terjadi guru yang tidak memakai keterampilan variasi apalagi saat pembelajaran daring seperti ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 11 Cakranegara. Sumber data primer yaitu guru kelas IVA, IVB dan kepala sekolah, sumber data sekunder yaitu hasil dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata dan gambar. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kompetensi guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran daring kelas IV di SDN 11 Kecamatan Cakranegara sudah baik dapat dilihat dari cara guru menggunakan variasi media dan alat pengajaran selama masa daring. Namun, guru mengalami kendala pada komponen variasi gaya mengajar dan variasi pola interaksi karena keterbatasan waktu dan tempat karena pembelajaran daring atau belum adanya pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kompetensi Guru, Keterampilan Mengadakan Variasi, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:49
Last Modified: 17 Nov 2021 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item