MASKULINITAS BUDAYA POPULER CROSSDRESSER DANCE COVER (Studi Pada Komunitas K-Popers Crossdresser Dance Cover Kota Mataram)

Lalu, Tsani Restu Atmaja (2021) MASKULINITAS BUDAYA POPULER CROSSDRESSER DANCE COVER (Studi Pada Komunitas K-Popers Crossdresser Dance Cover Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Maskulinitas Budaya Populer Crossdresser Dance Cover (Studi pada Komunitas K-Popers Crossdresser Dance Cover kota Mataram)”. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui jati diri anggota komunitas K-Popers Crossdresser Dance Cover serta untuk mengetahui makna maskulin bagi anggota komunitas K-Popers Crossdresser Dance Cover. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik George H. Mead dan Dominasi Maskulinitas Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling dan purposive. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Anggota komunitas membagi jati diri yaitu sabagai subjek dan objek. Pertama disaat menjadi Me atau sebagai objek,tidak ada perbedaan interaksi ataupun respon di komunitas, keluarga, ataupun masyarakat. Kedua sebagai subjek (I) atau peneliti menyebutnya dengan douper (double person). Anggota komunitas douper cenderung lebih emosional, frontal, banyak bicara, ceria, serta lebih mudah mengekspresikan keingianan. Maskulinitas anggota komunitas menyebutan bahwa laki-laki ideal ialah sesuai dengan idola K-Pop. Seolah-olah idola K-Pop ini seperti lelaki jenis baru. Selain itu juga nilai patriarki mengenai konsep maskulinitas telah dibantah oleh anggota komunitas sebagai paham yang telah tergulingkan oleh nilai maskulinitas baru yang berkiblat kepada idola K-Pop.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Crossdresser, K-Pop, Dance Cover, Maskulinitas, Budaya Populer
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:49
Last Modified: 17 Nov 2021 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26091

Actions (login required)

View Item View Item