STRATEGI GURU PPKN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA COVID-19 DI SMAN 1 WANASABA

Hasanuddin, Hasanuddin (2021) STRATEGI GURU PPKN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA COVID-19 DI SMAN 1 WANASABA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi_hasanuddin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adanaya virus corona atau covid-19 di indonesia mengharuskan pelaksanaan pembelajran dilakukan dirumah dengan menggunaka jaringan internet. Masalah utamanya adalah ketika pembelajaran dirumah berbasis tidak dapat menjangkau berbagai lokasi tempat tinggal siswa sehingga proses pembelajaran tidak berjalan maksimal. Oleh karena itu peran guru untuk menentukan strategi dalam melaksanakan pembelajaran sangat dibutuhkan. Penelitian iti bertujuan untuk mengetahui: 1). Strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran online pada masa covid-19. 2). Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pebelajaran online ada masa covid-19. 3). Upaya guru PPKn dalam meminimalisir kendala yang dihadapi oleh guru saat pelaksanaan pembelajaran online pada masa covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMAN 1 Wanasaba yang berjumblah dua (2) orang yang melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan dua seorang guru sebagai informan yakni kepala sekolah dan guru bagian kesiswaan di SMAN 1 Wanasaba. Insrumen dalam pengumpulan data yaitu studi dokumen, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, mengumpulkan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diproleh adalah Strategi perencanaan yang dilakukan oleh guru PPKn adalah dengan merancang pembelajaran sesuai dengaan siswa di daerah tempat tinggal mereka, dan menggunakan media seperti whatsap, class room, zoom metting dan sebagainya dalam proses pelaksanaan pembelajran, memudahkan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran onine dengan menggunakan berbagai media pembelajaran yang dapat diakses oleh semua siswa seperti whatsapp Class room dan lain sebagainya, mengolah pembelajaran dengan memanfaatkan media dan pendekatan pembelajaran yang efektif meskipun banyak kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam pembelajaran secara online (daring). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran guru telah dilaksanakan dengan menggunakan berbagai media teknologi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan guru telah memaksimalkan kemampuan proses pembelajaran jarak jauh berbasis online

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: strategi guru PPkn, pelaksanaan pembelajaran online, masa pandemi covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Nov 2021 00:24
Last Modified: 18 Nov 2021 00:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26098

Actions (login required)

View Item View Item