PENGARUH PUPUK NPK ANORGANIK DAN PUPUK ORGANIK SUPERNASA GRANULAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt)

Pae, Malisa (2021) PENGARUH PUPUK NPK ANORGANIK DAN PUPUK ORGANIK SUPERNASA GRANULAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SETELAH UJIAN PAE MALISA (2) SUDAH DIPERBAIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa dosis pupuk organik Supernasa Granular (O) dan anorganik (urea dan ponska) (A) dan intraksi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis ( Zea mays saccharata Sturt). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai dengan bulan Februari 2020 di Desa Lenek Pesiraman,Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) faktorial dua faktor yaitu faktor pertama dosis pupuk organik supernasa granular (0, 25, dan 50 kg/ha). Faktor kedua dosis pupuk anorganik yaitu urea dan ponska(150, 225, 300 kg/ha). Aras dari kedua faktor dikombinasikan sehingga dapat 9 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan sehingga didapat 27 unit petak percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (analysis of variance) dilanjutkan dengan BNJ untuk parameter yang berbeda nyata pada uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada perlakuan pupuk organic berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, waktu munculnya bunga jantan, dan kadar gula. pada perlakuan pupuk anorganik berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, waktu munculnya bunga jantan, dan jumlah buji. Tidak terdapat interaksi pupuk organik (O) dan pupuk anorganik (A) dalam mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis, kecuali pada waktu munculnya bunga jantan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pupuk organic, pupuk anorganik, jagung manis.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:21
Last Modified: 19 Nov 2021 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26102

Actions (login required)

View Item View Item