HALAMAN JUDUL PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 7 MATARAM

Ralia, Happy Aprilla (2021) HALAMAN JUDUL PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ralia Happy Aprilla_E1A016060_Pendidikan Biologi..docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan untuk pencapaian proses dan hasil belajar yang berkualitas bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar afektif, (2) menganalisis pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar psikomotor, dan (3) menganalisis pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar kognitif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain yakni Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar ranah afektif, psikomotor, dan kognitif dan dianalisis dengan uji hipotesis ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar baik pada aspek afektif, psikomotor, dan kognitif (p < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pemanfaatan, lingkungan sekolah, sumber belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:21
Last Modified: 19 Nov 2021 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26103

Actions (login required)

View Item View Item