PEMANFAATAN TEPUNG JAGUNG (Zea mays L) DAN TEPUNG KEPALA IKAN SARDEN(Sardinella sp.) PADA PAKAN BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Yusni, Juniar Lestari (2021) PEMANFAATAN TEPUNG JAGUNG (Zea mays L) DAN TEPUNG KEPALA IKAN SARDEN(Sardinella sp.) PADA PAKAN BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUSNI JUNIAR LESTARI (C1K017109).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh formulasi pakan dengan pemanfaatan tepung kepala ikan sarden dan tepung jagung pada budidaya ikan nila (O. niloticus). Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan formulasi pakan dan tiga kali ulangan yaitu, penambahan tepung kepala ikan sarden 100 %: tepung jagung 0 % (P0), tepung kepala ikan sarden 85 %: Tepung jagung 15 % (P1), tepung kepala ikan sarden 70 %: Tepung jagung 30 % (P2) dan tepung kepala ikan sarden 55 %: Tepung jagung 45 % (P3). Ikan nila yang digunakan berukuran 6-7 g dan dipelihara selama 50 hari. Data dianalisis dengan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Parameter yang diamati adalah parameter utama dan parameter pendukung. Parameter utama meliputi, berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan, dan tingkat kelangsungan hidup, sedangkan parameter pendukung adalah kualitas air yang meliputi, suhu, pH, dan DO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan penambahan tepung kepala ikan sarden 100% memberikan hasil terbaik dengan nilai pertumbuhan berat dan panjang adalah 9,22 g dan 3,57 cm, laju pertumbuhan spesifik 1,8 %/hari, rasio konversi pakan 1,53, efisiensi pemanfaatan pakan 65,49%, dan tingkat kelangsungan hidup 83,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: jagung, kepala ikan sarden, pakan,Ikan nila
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:21
Last Modified: 19 Nov 2021 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26107

Actions (login required)

View Item View Item