PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 1 SAKRA SELATAN

AHMAD, AZHARI (2021) PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 1 SAKRA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _AHMAD AZHARI_E1E017003_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 1 Sakra Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Sakra Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sensus/Sampling Total. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obervasi dan tes unjuk kerja. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan metode bercerita berbantuan media gambar seri, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk menilai kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai signifikansi atau Sig(2-tailed) 0,002 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 1 Sakra Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Bercerita, Media Gambar Seri, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:20
Last Modified: 19 Nov 2021 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26109

Actions (login required)

View Item View Item