PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STICK FIGURE TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) KELAS 5 DI SDN 20 AMPENAN

INTAN, DITA KOMALASARI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STICK FIGURE TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) KELAS 5 DI SDN 20 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SELESAI INTAN DITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: : Salah satu media gambar adalah stick figure. Stick figure merupakan sketsa atau gambar garis yang sudah dapat menggambarkan pesan dengan jelas. Dengan menggunakan media stick figure peserta didik akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media stick figure terhadap kreativitas siswa yang dilaksanakan di SDN 20 Ampenan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung = 0,587 ≥ r tabel = 0,266 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berrati kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Maka dapat di artikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, dimana r hitung = 0,587 lebih besar dari pada r table = 0,266 pada taraf signifikansi 5%, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media stick figure terhadap kreativitas siswa. Oleh karena itu, media stick figure ini layak digunakan dalam proses pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) karena mampu melatih daya kreativitas serta imajinasi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Stick Figure, Kreativitas Seni Budaya dan Prakarya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:20
Last Modified: 19 Nov 2021 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26112

Actions (login required)

View Item View Item