POLA KERJASAMA DUKUN BERANAK (BELIAN) DAN BIDAN PADA PERAWATAN KEHAMILAN, PERSALINAN DAN PASCAPERSALINAN di DESA DASAN GERES, KECAMATAN GERUNG , KABUPATEN LOMBOK BARAT

NURUL, IZZATI (2021) POLA KERJASAMA DUKUN BERANAK (BELIAN) DAN BIDAN PADA PERAWATAN KEHAMILAN, PERSALINAN DAN PASCAPERSALINAN di DESA DASAN GERES, KECAMATAN GERUNG , KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIKS 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui Pola Kerjasama Dukun Beranak (Belian) dan Bidan pada Perawatan kehamilan di Desa Dasan Geres; (2) mengetahui Pola Kerjasama Dukun Beranak (Belian) dan Bidan pada Perawatan Persalinan di Desa Dasan Geres; dan (3) mengetahui Pola Kerjasama Dukun Beranak (Belian) dan Bidan pada Perawatan pascapersalinan di Desa Dasan Geres. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan Metode Etnografi. Lokasi Penelitian di Desa Dasan Geres Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Data dikumpulkan melalui Observasi, Wawancara Semi struktur, dan Dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan adanya : Pola Kerjasama antara Dukun Beranak (Belian) dan Bidan Pada Kehamilan,persalinan dan Pascapersalinan terdapat Pola Kerjasama Patungan/Join Vantur (pegawean besopoq). Dari Pola kerjasama Dukun Beranak (Belian) dan Bidan tersebut terdapat 8 Pola Perawatan yang dilakukan Dukun Beranak (Belian) dan Bidan : (1) Perawatan Preventif (perawatan ntan cegah bahaye), (2)Perawatan darurat (tindakan , (3)Perawatan Berjalan (perawatan bilang jelo ), (4)Perawatanb Pencegahan , (5)Perawatan Prediktif /Bantuan alat-alat, (6)Perawatan terjadwal (bedoe jadwal), (7)perawatan penangkal (perawatan jempi), (8)Perawatan korektif (fasilitas/peralatan). Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diambil adalah : 1) Sebelum menjalin Kerjasama harus memiliki perjanjian yang harus disepakati, 2)tindakan keputusan penanganan mencegah bahaya harus dari kedua belah pihak, 3)Penanganan Darurat harus dari kedua Mitra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bidan, Dukun Beranak (Belian), Pola Kerjasama, Perawatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:20
Last Modified: 19 Nov 2021 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item View Item