KESALAHAN EJAAN PADA SURAT RESMI DI KELURAHAN LENENG KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Siti, Aenaya Fateah (2021) KESALAHAN EJAAN PADA SURAT RESMI DI KELURAHAN LENENG KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AENAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang meliputi kesalahan penulisan huruf, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan pemakaian tanda baca pada surat resmi yang dibuat oleh Kantor Lurah Leneng, Kecamatan Praya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu metode dokumentasi dan metode simak dengan teknik catat. Metode penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dengan teknik hubung banding membedakan (HBB) dan teknik hubung banding menyamakan (HBS). Selanjutnya, penyajian data menggunakan metode informal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa kesalahan penulisan huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal,. Misalnya pada kata nama :HARDI yang merupakan nama orang, seharusnya ditulis menggunakan huruf kapital pada unsur awal saja, kata wifi yang merupakan bahasa asing, seharusnya ditulis menggunakan huruf miring, dan kata Tembusan yang bukan termasuk tulisan yang seharusnya ditulis menggunakan huruf tebal karena bukan bagian tulisan yang sudah dimiringkan dan bukan menegaskan bagian-bagian karangan, seperti judul buku, bab, atau subbab. Kesalahan penulisan kata, meliputi: kata berimbuhan, gabungan kata, penulisan partikel, kata depan, angka dan bilangan, dan kesalahan penulisan singkatan atau akronim. Misalnya pada kata di tembuskan yang merupakan imbuhan berupa awalan, seharusnya ditulis serangkai dengan bentuk dasarnya. Kata kerjasama yang merupakan gabungan kata yang lazim disebut kata majemuk, seharusnya ditulis terpisah, dan kata dibawah yang merupakan kata depan, seharusnya ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Adapun kesalahan tanda baca, meliputi: kesalahan pemakaian tanda titik, tanda koma, tanda hubung, dan tanda garis miring. Misalnya pada singkatan nama orang HJ Nurhayati seharusnya ditambahkan tanda titik, singkatan di antara nama orang dan singkatan gelar Lalu Muh. Isnaini S.Sos., seharusnya ditambahkan tanda koma di antara nama orang dan singkatan gelarnya, dan pada kata Bapak Ibu Saudara, seharusnya ditambahkan tanda garis miring sebagai pengganti kata dan, atau, serta setiap.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kesalahan ejaan, kesalahan penulisan huruf, kesalahan penulisan kata, kesalahan pemakaian tanda baca, surat resmi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Nov 2021 02:29
Last Modified: 22 Nov 2021 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26116

Actions (login required)

View Item View Item