HALAMAN JUDUL PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MELATI DESA NYURLEMBANG KECAMATAN NARMADA TAHUN 2021

Rara, Aulia Putri (2021) HALAMAN JUDUL PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MELATI DESA NYURLEMBANG KECAMATAN NARMADA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RARA AULIA PUTRI (E1F017065).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI RARA AULIA PUTRI (E1F017065).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional gotri dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Melati Desa Nyurlembang Kecamatan Narmada Tahun 2021. Jenis penelitian menggunakan pengembangan R&D dengan 3 tahap pengembangan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah 10 anak berusia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini dapat mengembangkan motorik kasar anak melalui permainan tradisional gotri dengan langkah-langkah: (1) Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam permainan gotri seperti botol bekas, bola kecil dan kardus (2) Sebelum memulai kegiatan bermain guru mengajak anak melakukan pemanasan (3) Membuat kesepakatan main dalam permainan gotri (4) Pemain berbaris tanpa berebut di luar lintasan permainan (5) Pemain diberikan aba-aba terlebih dahulu kemudian berlari zig zag (6) Pemain menggelindingkan bola kecil (kasti) dari jarak 1 meter (7) Pemain menggelindingkan bola kecil ke arah sasaran dengan posisi membungkukkan badan (8) Pemain berlari untuk mengambil bola kecil (bola berwarna) kemudian memasukkan bola ke dalam kardus dari jarak 1 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah bermain gotri dalam penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, dapat dilihat pada tahap pengembangan I mencapai persentase sebesar 45,87%, sedangkan pada tahap pengembangan II mengalami peningkatan sebesar 61,90%, serta pada tahap pengembangan III mengalami peningkatan secara optimal dengan persentase sebesar 79,70%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional gotri dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Melati Desa Nyurlembang Kecamatan Narmada Tahun 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Permainan Tradisional Gotri, Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Nov 2021 02:29
Last Modified: 22 Nov 2021 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26120

Actions (login required)

View Item View Item