KAJIAN KUALITAS NUTRISI MAGGOT BSF (Black Soldier Fly) YANG DIBUDIDAYA DENGAN MENGGUNAKAN FORMULA MEDIA PAKAN YANG BERBEDA

Anggelia, Rizki Marenti (2021) KAJIAN KUALITAS NUTRISI MAGGOT BSF (Black Soldier Fly) YANG DIBUDIDAYA DENGAN MENGGUNAKAN FORMULA MEDIA PAKAN YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Anggelia Rizki Marenti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas nutrisi maggot BSF (Black Soldier Fly) yang dibudidaya dengan menggunakan media pakan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua tahap, tahap pertama yaitu pemeliharaan maggot bertempat di Teaching Farm Lingsar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat dan tahap kedua analisis kandungan nutrisi maggot di Laboratorium Ilmu Nutrisi Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Mataram. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Media pakan yang digunakan pada penelitian ini antara lain kotoran ayam+ampas tahu, media sampah sayur dan media sampah buah. Variabel yang diamati pada nutrisi maggot yaitu kandungan kadar air, kadar abu, protein kasar, lemak kasar, serat kasar dan Gross Energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan kadar abu dan serat kasar maggot tidak berbeda nyata antara maggot pada media kotoran ayam+ampas tahu, sampah sayur dan sampah buah, sedangkan kandungan protein kasar dan lemak kasar maggot berbeda nyata. Kandungan protein kasar maggot pada media kotoran ayam+ampas tahu lebih tinggi dibandingkan dengan sampah sayur dan sampah buah. Pada media kotoran ayam+ampas tahu kandungan Gross Energi sebesar 3736.4 kkal/kg, media sampah sayur 4474.1 kkal/kg dan media sampah buah 5840.8 kkal/kg. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari ketiga media pakan yang digunakan, media kotoran ayam+ampas tahu memiliki kandungan nutrisi maggot yang bagus serta memiliki kandungan protein yang tinggi sebesar 52.08% untuk dijadikan sebagai pakan alami ternak akan tetapi kandungan serat kasar lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Maggot, kandungan nutrisi maggot, media pakan maggot.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Nov 2021 23:39
Last Modified: 22 Nov 2021 23:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26126

Actions (login required)

View Item View Item