PENGARUH SUPLEMENTASI AMPAS KECAP DI DALAM PAKAN BASAL TERHADAP INTENSITAS LIBIDO SAPI BRANGUS DI BALAI INSEMINASI BUATAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

MUHAMMAD, RODI (2021) PENGARUH SUPLEMENTASI AMPAS KECAP DI DALAM PAKAN BASAL TERHADAP INTENSITAS LIBIDO SAPI BRANGUS DI BALAI INSEMINASI BUATAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI MUH. Rodi FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

Tujuan dari peneliitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suplementasi ampas kecap terhadap intensitas libido Sapi Brangus dan konsentrasi suplementasi ampas kecap terbaik. Penelitian ini dilakukan di Balai Inseminasai Buatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Materi penelitian menggunakan 3 ekor sapi Brangus berumur 9-11 tahun dengan bobot badan rata-rata 450-500kg. Metode penelitian adalah eksperimental lapangan yang dirancang dalam pre-test dan post-test design. Pengambilan data dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Pada Pre-test, tiga ekor sapi diberi pakan basal selama 10 hari berupa rumput gajah, toge, dan konsentrat tanpa suplementasi. Pada Post-test 1 dan Post-test 2, sapi diberikan pakan basal berupa rumput gajah, toge, dan konsentrat disuplementasi masing-masing 5% dan 10% ampas kecap. Observasi intensitas libidonya dilakuakan masing-masing setiap 3 hari sekali sebanyak 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varians (ANAVA), dilanjutkan dengan uji Duncan’t (DMRT). Hasil penelitian menunjukan sebelum suplementasi ampas kecap waktu libido dan waktu ejakulasi rata-rata 3 ± 1,87 dan 11,33 ± 9 menit, setelah suplementasi 5% menjadi 2,44 ± 1,33 dan 6 ± 2,87 menit dan setelah suplementasi 10% meningkat menjadi 2 ± 1 dan 5,88 ± 2,26 menit. Kesimpulan, suplementasi ampas kecap berpengaruh baik terhadap intensitas libido Sapi Brangus dan konsentrasi suplementasi ampas kecap yang paling baik yaitu sebesar 10 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ampas kecap, intensitas, libido, sapi Brangus, suplementasi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Nov 2021 23:40
Last Modified: 22 Nov 2021 23:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26134

Actions (login required)

View Item View Item