ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PhET Simulations BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

SITI, NURUL YAQUTU BURHANI (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PhET Simulations BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX Siti Nurul Yaqutu B. (E1M017075).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan minat belajar kimia siswa menggunakan media pembelajaran PhET Simulations pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian dalam ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 2 Selong yang terbagi menjadi 5 kelas. Sedangkan sampelnya adalah 68 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil melalui angket minat belajar siswa menggunakan media PhET Simulations yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) perasaan senang; 2) ketertarikan; 3) perhatian; 4) keterlibatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Rasch (Analisis Peta Wright dan Measure DIF) dan uji statistik deskriptif. Hasil analisis peta wright menunjukkan nilai abilitas siswa yang tinggi. Kurva measure DIF menunjukkan perbedaan minat belajar kimia siswa berdasarkan gender. Siswa laki-laki memiliki minat belajar kimia yang lebih tinggi daripada siswa perempuan. Hasil ini didukung dengan perhitungan menggunakan uji persentase, persentase minat belajar laki-laki sebesar 81,55% dan perempuan sebesar 78,46%. Hasil penelitian diukur menggunakan uji persentase dengan rata-rata persentase sebesar 79,60% dalam kategori baik. Rata-rata hasil uji persentase tiap indikator yaitu 1) indikator perasaan senang sebesar 83%; 2) indikator ketertarikan sebesar 76%; 3) indikator perhatian sebesar 80%; 4) indikator keterlibatan sebesar 81%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media PhET Simulations ini baik digunakan sebagai alternatif media pembelajaran berbasis laboratorium virtual untuk meningkatkan minat belajar pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Minat Belajar, PhET Simulations, Media Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:35
Last Modified: 23 Nov 2021 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26136

Actions (login required)

View Item View Item