IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DIAN, HELVAYANA (2021) IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN HELVAYANA-E1F017019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling, dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan angket, Angket disebarkan pada 30 guru yang mengajar anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. Adapun hasil perolehan persentase penelitian identifikasi metode pembelajaran dalam mengembangkan kemandirian anak sebagai berikut: Metode pemberian tugas memperoleh hasil persentase 94%, metode tanya jawab 93%, metode proyek 92%, metode bermain 90%, metode bernyanyi 83%, metode bercerita 73%, metode karyawisata memperoleh hasil presentase 70%. Berdasarkan hasil persentase yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa setiap metode pembelajaran memiliki pengaruh yang baik dalam mengembangkan kemandirian anak dilihat dari hasil persentase yang cukup tinggi, akan tetapi mayoritas para guru kelompok B di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2020/2021, cenderung menggunakan metode pemberian tugas adapun jenis kegiatan yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemandirian anak yaitu menggambar bebas, meronce, teknik stempel, kolase, mengetahui bentuk geometri, mencetak, dengan perolehan persentase tertinggi yakni 94%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Kemandirian Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:35
Last Modified: 23 Nov 2021 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26137

Actions (login required)

View Item View Item