ANALISIS HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR KULIAH ONLINE PADA MATA KULIAH PEMISAHAN ANALITIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM

MUHAMMAD, KHAERUL ANAM (2021) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR KULIAH ONLINE PADA MATA KULIAH PEMISAHAN ANALITIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. KHAERUL ANAM (E1M017040) (B).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap dan prestasi belajar kuliah online pada mata kuliah pemisahan analitik mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP di Universitas Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 75 mahasiswa, sedangkan sampelnya sebanyak 19 mahasiswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket sikap belajar dan dokumentasi prestasi belajar kuliah online. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukan nilai koefisien korelasi antara variabel sikap belajar dan prestasi belajar kuliah online sebesar 0,20; koefisien determinasi = 4%; dan thitung = 0,71 < ttabel = 1,729. Hasil uji persentase yang di peroleh yaitu untuk sikap belajar sebesar 63% dengan rincian yaitu besarnya pengaruh sikap mahasiswa dari aspek kognitif 64,91% mahasiswa mempunyai sikap yang tinggi dan 35,09% mahasiswa mempunyai sikap yang rendah. Besarnya pengaruh sikap mahasiswa dari aspek afektif 65,19% mahasiswa mempunyai sikap yang tinggi dan 34,81% mahasiswa mepunyai sikap yang rendah. Besarnya pengaruh sikap dari aspek konatif 65,04% mahasiswa mempunyai sikap yang tinggi dan 34,96% mahasiswa yang mempunyai sikap yang rendah, sedangkan persentase untuk prestasi belajar sebesar 97% dengan rincian untuk kategori prestasi tinggi sebesar P = 88% sedangkan untuk kategori prestasi rendah sebesar P = 12%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap dan prestasi belajar kuliah online pada mahasiswa dengan tingkat korelasi rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sikap belajar, prestasi belajar, kuliah online, hubungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:36
Last Modified: 23 Nov 2021 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26140

Actions (login required)

View Item View Item