PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

ANANDA, FATARA SUWANDI DB (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ananda Fatara Suwandi (E1Q017004)..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan pendekatan multiple intelligences untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik yang valid, efektif, dan efesien. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Adapun produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan logis matematis peserta didik. Data kualitatif diperoleh melalui validitas produk yang dinilai oleh enam validator yaitu tiga orang dosen dan tiga orang guru praktisi. Data kuantitatif diperoleh melalui respon guru dan peserta didik. Selanjutnya untuk mengukur data keefektivitas perangkat dilakukan dengan uji coba terbatas melalui angket soal kemampuan pemecahan masalah dan logis matematis dan efisiensi di tentukan dari respon guru dan respon peserta didik. Hasil analisis data berdasarkan penilaian validator menunjukkan nilai rata-rata perangkat diatas 3,27 dengan kategori sangat baik. Efektivitas diperoleh dari hasil preetest dan posttest dengan hasil rata-rata uji N-gain didapatkan nilai 0,69 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis angket respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran menunjukkan efisiensi sebesar 66,7% dengan kriteria positif. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid, efektif dan efesien digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pengembangan perangkat, model problem based learning, multiple intelligences, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:36
Last Modified: 23 Nov 2021 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item