PENGARUH TINGGI TEGAKAN DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY HIJAU (Brassica rapa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK VERTIKULTUR

Marfiatun, Mahpuzah (2021) PENGARUH TINGGI TEGAKAN DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY HIJAU (Brassica rapa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK VERTIKULTUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M017079-SKRIPSI MARFIATUN MAHPUZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tinggi tegakan dan komposisi media tanam yang paling optimal terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy hijau (Brassica rapa L.) pada sistem hidroponik vertikultur. Percobaan dilakukan mulai dari 19 November 2020 sampai 8 Maret 2021. Lokasi percobaan ini bertempat di Green House Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode yang digunakan dalam percobaan ini adalah experimental. Percobaan dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah tinggi tegakan yang terdiri dari tiga aras, yaitu 50 cm, 75 cm, dan 100 cm; dan faktor kedua adalah komposisi media tanam hidroponik yang terdiri dari tiga aras compsisi antara cocopeat dan arang sekam, yaitu 1:1, 1:2, dan 2:1. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (Anova). Jika terdapat beda nyata antar perlakuan maka diuji lanjut menggunakan BNJ (Beda Nyata Jujur) dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor tinggi tegakan hanya berpengaruh terhadap variabel pengamatan berat berangkasan segar tanaman per tegakan, dengan nilai rata-rata tertinggi pada tanaman yang ditanaman pada tinggi tegakan 100 cm. Faktor komposisi media tanam berepengaruh terhadap luas daun tanaman, berat berangkasan segar tanaman per sampel, berat bersih tanaman segar per sampel, dan berat berangkasan segar tanaman per tegakan, dengan nilai rata-rata tertinggi pada tanaman yang ditanaman dengan komposisi media tanam 2:1 antara cocopeat dengan sekam bakar. Interaksi antara kedua faktor perlakuan hanya berpengaruh terhadap laju pertumbuhan tinggi tenaman, dengan nilai rata-rata tertinggi pada tanaman yang ditanam pada tinggi tegakan 75 cm dengan komposisi media tanam 2:1 antara cocopeat dengan sekam bakar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pakcoy, tinggi tegakan, media tanam, hidroponik vertikultur
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:36
Last Modified: 23 Nov 2021 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26144

Actions (login required)

View Item View Item