DESKRIPSI PENGASUHAN DAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KELUARGA AMAK DAN DAE STUDI KASUS DI KECAMATAN DONGGO KABUPATEN BIMA

Ayu, Anggryani (2021) DESKRIPSI PENGASUHAN DAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KELUARGA AMAK DAN DAE STUDI KASUS DI KECAMATAN DONGGO KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AYU ANGGRYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pengasuhan dan tumbuh kembang anak usia 5-6 tahun pada keluarga Amak dan Dae studi kasus di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 2 anak dan dari keluarga utuh Amak dan Dae. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil instrumen pengasuhan orang tua pada keluarga Amak mendapatkan presentase sebesar 47, 72% dengan pengasuhan yang digunakan yaitu pengasuhan otoriter, dan presentase aspek perkembangan anak sebagai berikut: (1) perkembangan nilai moral dan agama memperoleh nilai presentase sebesar 33, 33%, (2) kognitif memperoleh nilai presentase sebesar 27,77%, (3) sosial emosional memperoleh nilai presentase sebesar 29,72%. Penasuhan orang tua pada keluarga Dae mendapatkan nilai presentase sebesar 44,68% dengan pengasuhan yang digunakan yaitu pengasuhan demokratis. Sedangkan presentase aspek perkembangan anak yang diperoleh pada keluarga Dae yaitu, (1) perkembangan nilai moral dan agama memperoleh nilai presentase sebesar 34,61%. (2) kognitif memperoleh nilai presentase sebesar 27,77%, (3) sosial emosional memperoleh nilai presentase sebesar 27,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengasuhan, Tumbuh Kembang Anak
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:36
Last Modified: 23 Nov 2021 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26147

Actions (login required)

View Item View Item