NILAI-NILAI DALAM TRADISI MANING PENGANTAN PADA PERKAWINAN SUKU SAMAWA (Studi di Desa Sebeok Sebeok Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa Besar)

SESTIARA, SESTIARA (2021) NILAI-NILAI DALAM TRADISI MANING PENGANTAN PADA PERKAWINAN SUKU SAMAWA (Studi di Desa Sebeok Sebeok Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa Besar). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Sestiara (E1B015044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di tengah mengikisnya ritual karena masuknya kebudayaan asing, ternyata masih ada kelompok masyarakat yang mempertahankan eksistensi ritual tradisinya dari generasi ke generasi yaitu masyarakat Suku Samawadi Desa Sebeok, Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa Besar. Tradisi unik yang masih dipertahankan masyarakat Suku Samawa tersebut adalah tradisi Maning Pengantan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tradisi Maning Pengantan dan mengetahui nilai- nilai yang terkandung pada tahapan pelaksanaan Maning Pengantan di Desa Sebeok Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan landasan teori etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tradisi Maning Pengantan merupakan salh satu urutan dari tradisi perkawinan Suku Samawa. Nilai-nilai yang terkandung pada tahapan pelaksanaan Maning Pengantan antara lain: 1. Nilai Religi; 2. Nilai Pendidikan; 3. Nilai Sosial; 4. Nilai Budaya; 5. Nilai Seni; 6. Nilai Sejarah; dan 7. Nilai Mengatasi Krisis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilai dan Tradisi Maning Pengantan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:36
Last Modified: 23 Nov 2021 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26149

Actions (login required)

View Item View Item