ANALISIS KELAYAKAN OBJEK WISATA ALAM GUA PENGKOAK DI TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DESA PAKUAN KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Aminah, Firashinta (2021) ANALISIS KELAYAKAN OBJEK WISATA ALAM GUA PENGKOAK DI TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DESA PAKUAN KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1L017010 - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu jenis wisata yang turut memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah adalah wisata alam. Objek wisata alam Gua Pengkoak merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa Nusa Tenggara Barat. Kegiatan wisata telah lama ada di objek wisata alam Gua Pengkoak ini, akan tetapi belum banyak penelitian yang dilakukan terkait kelayakannya. Pengelolaannya pariwisata alam memerlukan standar kelayakan untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan objek wisata alam Gua Pengkoak. Penelitian ini mengacu pada Badan standarisasi Nasional (2014) yaitu prinsip pengelolaan pariwisata alam Standar Nasional Indonesia (SNI) yang meliputi kelestarian fungsi ekosistem, kelestarian Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) kelestarian sosial budaya, kepuasan, keselamatan dan kenyamanan pengunjung, dan manfaat ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan objek wisata alam Gua Pengkoak memperoleh nilai kelayakan 93% dan masuk dalam kategori layak (syarat layak >66,6%) berdasarkan kriteria Analisis Daerah Operasi dan Objek Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Analisis Kelayakan; Wisata Alam; Gua Pengkoak; Tahura Nuraksa
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:13
Last Modified: 23 Nov 2021 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item View Item